Cara Menagih Utang Agar Tidak Tersinggung

Cara Menagih Utang Teman

Tips Cara Menagih Utang Ke Teman - Memberikan pinjaman atau hutang kepada teman yang membutuhkan tanpa berharap pamrih adalah hal yang mulia namun bagaimana apabila ternyata orang yang kita berikan pinjaman ternyata lupa atau sengaja lupa untuk membayarnya. 

Berikut in Skyih hadirkan cara menagih utang yang baik dan tidak membuat tersinggung teman.

Yang namanya teman pasti ada macam-macam jenisnya. Ada yang baik banget suka mentraktir kamu, ada yang biasa aja tapi setia, ada juga yang cuma nyari kamu kalau perlu buat ngutang. Pernah nggak kamu merasa kesal dengan ulah temanmu yang sering ngutang tapi kalau disuruh bayar susah banget? Kamu sampai pusing mikirin cara menagih hutang yang pas agar dia tidak banyak alesan dan yang paling penting tidak tersinggung.

1. Pura Pura Ingin Beli Barang Tapi Gak Punya Uang
Kalau lagi jalan bareng, rajin-rajin aja bilang pengen sesuatu disambung dengan kalimat “… tapi lagi nggak punya uang” disertai wajah sedih.

Kalau kamu selama ini sering mengubur rasa inginmu pada sesuatu karena sadar harus berhemat, inilah saatnya kamu mengumpulkan semua hasratmu itu. Kemudian utarakan setiap kali jalan sama temanmu yang tukang utang. Yups ini juga bisa jadi cara menagih utang yang halus lho!

Kamu pengen baju baru, kamu bilang ke dia. Kamu pengen dompet bermerek baru, kamu bilang juga. Kamu pengen pacar baru… yang matrelialistis, kamu ceritain juga ke dia. Jangan lupa, semuanya harus selalu diembel-embeli:
“Pengen sih… pengen banget… tapi nggak ada duitnya.”

Setelah itu, jangan lupa pasang wajah sendu sambil menghela nafas. Pandangan mata nanar ke arah cakrawala. Oh iya, sebagai bumbu penutup, kalau sempat ucapkan “emm aku ingin beli barang ini habis kamu bayar hutang ke aku deh…”

2. Pura-Pura Ketinggalan Uang / Lupa Ke ATM
Astaga, aku lupa ke ATM. Bayarin dulu ya!” Ketika kalian belanja atau makan bersama, sering-sering saja minta dibayarin dia.

Biasanya bi-a-sa-nya temen yang suka ngutang itu awalnya dimulai dengan minta nebeng bayarin kamu pas kalian belanja atau makan bareng. Alasannya macem-macem: lupa bawa dompet, belum ambil duit, atau biar gampang. Lambat laun “nitip bayarin dulu dong” itu jumlahnya membengkak dan temenmu nggak ada kesadaran buat segera membayarnya.

Kalau kata drama-drama silat Tiongkok jaman dulu ambil contoh Pendekar Rajawali ‘racun harus dibalas dengan racun’. Jadi kalau temenmu suka ngutang pelan-pelan dengan cara minta nebeng dibayarin atau nitip belanjaan tapi gak dilunasin, gantian dong kamu gituin dia.

Cara menagih hutang seperti ini halus dan gak kerasa sama. Sengaja setiap mau jalan bareng kamu nggak bawa uang banyak biar ada alasan bergantung ke dia, plus dia juga ga bisa nebeng bayarin kamu lagi. Kalau dia protes ingetin seperti ini (contoh):

“Lha kan tempo hari makan steak udah pake uangku! Kalau kamu bayarin kali ini, hutangmu aku potong seharga sate ini deh.”


3. Pas ngumpul bareng teman-teman lain, angkat topik soal “betapa menyebalkannya orang yang nggak pernah bayar hutang” tapi ngobrolnya dengan kalem ya.

“Eh, pendapat kalian tentang orang yang suka ngutang itu apa sih? Ada temenku yang sedang bermasalah sama tukang ngutang nih katanya…” padahal maksudnya kamu yang bermasalah sama tukang ngutang.

Coba lempar bahan pembicaraan soal ‘tukang ngutang menyebalkan’ pas kamu dan temenmu si tukang utang lagi ngumpul rame-rame sama temen-temen kalian yang lain. Siapa tahu teman-temanmu punya saran tentang cara menagih hutang yang bagus juga.

Tapi lakukan dengan santai ya, jangan sampai kelihatan baper. Mainkan seolah-olah kamu memang sedang membahas sifat buruk secara umum yang gak baik ditiru siapapun. Semoga, dia si penghutang bakal tergerak hatinya dan segera ngebayar kamu pas ngumpul-ngumpulnya udah selesai.


4. Saat tanggal muda atau musim gajian dan dia terlihat senang, langsung sapa dengan “Cieee baru gajian, banyak duit nih.”

Jangan langsung tagih dia dengan garang kalau dia habis gajian, nanti kamu lebih mirip debt collector daripada seorang teman. Cara menagih hutang kamu harus lebih subtle lagi. Mending kamu passive aggressive aja, berniat muji tapi dengan nada agak memancing gitu deh.

“Ada yang habis gajian nih! Asik… Gantian bagi duit dong sini!”


5. Kalau kamu jago sandiwara, bisa juga dengan sering curhat sedih soal kehidupan keluargamu yang penuh intrik dan butuh uang (padahal sebenarnya biasa aja).

“Adikku harus masuk SMP bulan ini cyin! Butuh dana!” iya tapi yang danain bapakmu, kamu gak ada urusan.

Kalau kamu pede sama kemampuan akting kamu atau kamu merasa alasan kamu belum satu screen sama Dude Herlino hanya gara-gara kamu malas casting kamu boleh coba trik berikut sebagai cara menagih hutang. Buat cerita sendu tentang keluargamu yang butuh uang dari kamu. Nggak perlu bohong kok, yang kamu butuhkan hanya sedikit bermain-main dengan kata. Contoh:

“Papa udah dua hari ini nggak bisa tidur… mama juga ga berhenti-berhentinya nangis. Aku nggak tahu harus gimana lagi, posisinya aku lagi nggak ada uang. Ngga bisa bantu… Jadi kalau kamu udah bisa bayar, tolong banget kabari aku ya…”

Iya, papamu gak bisa tidur karena begadang nonton bola. Mamamu juga nangis kebanyakan nonton sinetron. Tapi temenmu si tukang utang gak perlu tahu semua itu.


6. Rajin-rajin ngumpulin cerita-cerita mistis religius a la tabloid Hidayah tentang kisah azab orang-orang yang gak mau bayar hutang.

Setiap ketemu coba kamu selalu cerita soal kisah-kisah azab yang menimpa para tukang ngutang yang suka males bayar. Perut membengkak padahal udah diet lah. jenazah terbang dan meledak di udara kaya petasan lah, susah dikubur karena keras tanahnya abis lah.

Share on Google Plus

About Ayead Gaptek

Blog Meri-monadas.com merupakan blog Indonesia yang berisi beragam info menarik dan terbaru
    Blogger Comment

0 comments:

Post a Comment